Loris Karius memperlihatkan penampilan yang brilian, dalam pertandingan Piala Liga lawan Derby County. Laga pertamanya setelah pulih dari cedera, dilalui dengan sangat baik, karena Liverpool menang tiga gol tanpa kebobolan.

Dilansir dari Sports Mail, Kamis 22 September 2016, performa Karius layak membuat Mignolet khawatir, bakal kehilangan posisinya sebagai kiper nomor satu. Terutama, momen di mana Karius berlari dari bawah mistar gawang, dan melakukan tekel sempurna untuk membuyarkan peluang Darren Bent.

Tinggi, pirang, dan Jerman, Karius tidak hanya terlihat seperti Manuel Neuer. Gaya permainannya pun sangat mirip, dengan kiper timnas Jerman yang dianggap sebagai penjaga gawang terbaik di dunia itu.

Dia memiliki gaya permainan kiper modern, yang kini jadi andalan manajer top sepakbola top seperti Pep Guardiola, Klopp, dan Mauricio Pochettino. Mereka menuntut permainan yang terus menekan dengan energi tinggi, serta penguasaan bola sebanyak mungkin.

Serangan dibangun dari awal, mulai dari penjaga gawang. Sehingga, para manajer itu membutuhkan kiper yang tidak takut memainkan bola, serta punya kemampuan membaca bahaya, dan bereaksi secepatnya. Karius memperlihatkan kualitas itu dalam debutnya lawan Derby.

Patah tangan membuat debutnya tertunda. Tapi, Ragnar Klavan yang sudah mengetahui Karius sejak keduanya bermain di Bundesliga, mengatakan kaki Karius sama penting dengan tangannya, membuat dia bakal sangat cocok dengan filosofi permainan Klopp.

“Saya sudah tahu dia kiper yang sangat bagus, dan bisa keluar dengan cepat dari gawangnya. Anda bisa lihat dalam situasi satu lawan satu di laga lawan Derby,” kata Klavan. Dia menyebut di Bundesliga, Karius terpilih sebagai kiper kedua setelah Neuer.

Klavan mengatakan dalam permainan Klopp, bek pun maju dalam skema serangan yang membutuhkan kesatuan tim. “Kami (bek) maju ke depan, dan di garis terakhir kami harus lebih tinggi. Sangat bagus ketika Anda memiliki kiper, yang mampu untuk keluar dari gawangnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *