southampton-vs-chelseaChelsea meraih kemenangan 2-0 kala bertandang ke markas Southampton. Kedua gol Chelsea dicetak oleh Eden Hazard dan Diego Costa di masing-masing babak.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion St Mary’s, Minggu (30/10/2016) malam WIB, Chelsea bermain dengan baik sejak sepak mula dilakukan. Imbasnya, laga baru berjalan enam menit, tim besutan Antonio Conte itu sudah unggul 1-0.

Gol itu bermula dari kerjasama Eden Hazard dan Victor Moses di sisi kanan. Hazard memberikan bola kepada Moses, lalu berlari ke celah yang ada di lini pertahanan Soton. Tidak ada yang melakukan tracking back terhadap Hazard, sehingga pemain asal Belgia itu dengan leluas menerima bola dari Moses lalu mengecoh pemain yang berusaha menutupnya.

Ketika ruang terbuka, Hazard lantas melepaskan sepakan datar kaki kiri dari dalam kotak penalti. Bola tendangannya melewati sela-sela kaki kiper Soton, Fraser Forster, dan masuk ke dalam gawang.

Soton sendiri sesungguhnya tidak tampil buruk di babak pertama. Statistik ESPNFC menunjukkan, Soton memenangi penguasaan bola hingga 70%. Sudah begitu, mereka juga punya 7 percobaan untuk mencetak gol sepanjang paruh pertama laga. Namun, hanya 1 percobaan The Saints yang mengarah tepat sasaran.

Chelsea justru lebih efektif. Dari 5 percobaan yang dilepaskan oleh pemain-pemain The Blues, 3 di antaranya mengarah tepat sasaran. Peluang terbaik lainnya dari Chelsea di babak pertama didapatkan oleh Diego Costa pada menit ke-41.

Striker internasional Spanyol itu mendapatkan ruang di sisi kiri pertahanan Soton, lalu menembakkan bola dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti. Sial baginya, tendangannya bisa dihentikan oleh Forster.

Di babak kedua, kendati Soton masih memenangi penguasaan bola, Chelsea tetap tampil lebih berbahaya. Berulang kali pemain-pemain Chelsea dengan lugas dan cair membuat pertahanan Soton bingung. Jika kesempatan terbuka, pemain-pemain Chelsea tak segan langsung melepaskan tembakan.

Pada menit ke-50, Nemanja Matic mendapatkan kans untuk mencetak gol lewat sebuah sundulan, namun sundulannya melambung. Dua menit kemudian, gantian Marcos Alonso yang meraih peluang, tetapi sepakannya dari sisi kiri masih melenceng.

Chelsea menggandakan keunggulan pada menit ke-55, kali ini Diego Costa yang jadi pencetak golnya. Gol tersebut berawal dari operan pendek yang diberikan kepada Costa di sisi kanan pertahanan Soton. Melihat celah, Costa langsung melepaskan tendangan kaki kanan ke arah pojok gawang Soton. Tendangan Costa tidak mampu dihalau oleh Forster dan skor berubah menjadi 2-0.

Ketinggalan dua gol, manajer Soton, Claude Puel, memasukkan Sofiane Boufal dan menarik Jordy Clasie. Boufal mencetak gol dengan cara yang sama dengan Costa pada Piala Liga Inggris tengah pekan lalu dan diharapkan mampu menambah daya gedor Soton.

Kendati begitu, Chelsea bertahan dengan disiplin dan Soton kesulitan membongkar pertahanan tim asal London Barat tersebut. Charlie Austin sempat membobol gawang Chelsea, tetapi dianulir lantaran offside. Sampai peluit akhir berbunyi, skor 2-0 tetap bertahan.

Dengan tambahan tiga poin ini, kini berada di posisi keempat klasemen sementara dengan nilai 22. Sementara itu, Soton berada di posisi ke-13 dengan nilai 13.

Susunan Pemain

Southampton: Forster, Martina, Fonte, Van Dijk, Bertrand (McQueen 78), Romeu, Clasie (Boufal 61), Davis, Tadic (Hojbjerg 78), Redmond, Austin.

Chelsea: Courtois, Luiz, Cahill, Azpilicueta, Alonso, Kante, Matic, Moses (Ivanovic 87), Pedro (Willian 78), Hazard, Costa (Batshuayi 89).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *