austria-wina-vs-as-romaSempat tertinggal lewat gol cepat, AS Roma bangkit dan menang 4-2 atas Austria Wina. Edin Dzeko mencetak dua gol dalam kemenangan Giallorossi tersebut.

Bertandang ke Ernst Happel Stadium, Jumat (4/11/2016) dinihari WIB, Roma dikejutkan dengan gol cepat tuan rumah di menit kedua. Olarenwaju Kayode menceploskan gol mudah yang bermula dari kesalahan pertahanan Roma di sisi kiri.

Tapi Roma lantas memberikan respons cepat. Dzeko menyamakan kedudukan hanya dua menit berselang usai meneruskan umpan silang Bruno Peres. Sebuah gol dari Daniele De Rossi di menit ke-18 memastikan Roma menutup paruh pertama dalam posisi memimpin.

Dzeko lantas memperlebar keunggulan Roma di menit ke-65, diikuti gol Radja Nainggolan pada menit ke-78. Usaha tuan rumah memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil di menit ke-89 lewat kaki Alexander Grunwald, tapi itulah gol terakhir di laga ini.

Kemenangan ini mengantarkan Roma memuncaki Grup E Liga Europa dengan nilai delapan dari empat laga. Mereka melewati Austria Wina yang kini ada di posisi dua dengan lima poin.

Sementara itu di partai lainnya, Astra Giurgiu berimbang 1-1 saat menjamu Viktoria Plzen. Astra tetap berada di posisi tiga dengan empat angka, diikuti Viktoria satu poin di belakangnya.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit pertandingan berjalan, Roma sudah kebobolan. Kesalahan Juan Jesus mengantisipasi pergerakan Lucas Venuto, membuatnya lolos dan melepaskan umpan silang.

Kiper Roma Alisson Becker dan bek Antonio Ruediger sempat berupaya memotong laju bola namun gagal. Olarenwaju Kayode lantas mencocor bola ke dalam gawang kosong di tiang jauh.

Di menit ketiga, Roma balas mengancam. Umpan terobosan Leandro Paredes diterima Radja Nainggolan di sisi kanan. Tapi upayanya melepaskan umpan silang bisa dipotong kiper.

Semenit kemudian, Roma menyamakan kedudukan. Bruno Peres menerima umpan terobosan di kanan dan mengarahkan umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti. Edin Dzeko dalam posisi tepat menyambut bola dan menceploskannya ke dalam gawang.

Peluang lain untuk Dzeko di menit ke-10, tapi sepakannya mudah diamankan kiper Osman Hadzikic. Sementara Stephan El Shaarawy melewatkan kans bagus ketika gagal mencocor umpan silang Peres dari sisi kanan.

Roma lantas berbalik unggul di menit ke-18. Dari sepak pojok, umpan Paredes ditanduk Dzeko ke arah gawang. Bola berupaya disapu Christoph Martschinko, tapi malah membuatnya jatuh ke kaki De Rossi di depan gawang. Tanpa kesulitan De Rossi memasukkannya ke gawang.

Austria Wina coba merespons lewat tendangan bebas. Sepakan Alexander Grunwald masih melebar ke kiri gawang. Upaya lain dicatatkan Kayode di menit ke-26, kali ini bisa diamankan Alisson.

Roma perlahan-lahan menurunkan tempo permainan. Mereka bahkan mulai membiarkan Austria Wina memegang lebih banyak penguasaan bola, sembari mengincar serangan balik. Skor 2-1 tak berubah sampai babak pertama usai.

Roma membuang sebuah kesempatan bagus saat babak kedua berjalan empat menit. Diego Perotti menerima umpan terobosan dari Kevin Strootman, hanya saja gagal menaklukkan Hadzikic.

Sebuah upaya lain dari Perotti di menit ke-57, kala melakukan cut inside dari sisi kanan belum mengancam gawang tuan rumah. Selain sepakannya kurang bertenaga, arahnya juga masih melebar.

Di menit ke-65, Roma memperlebar keunggulan. Umpan terobosan cantik dari El Shaarawy disambut sepakan Dzeko di depan gawang. Mulanya bola cuma membentur tiang, tapi Dzeko langsung menceploskan bola pantulan ke dalam gawang yang sudah kosong.

Upaya balasan dari Austria Wina datang di menit ke-68. Dari sepak pojok, bola lambung berbelok setelah disundul Grunwald. Lukas Rotpuller meneruskannya ke arah gawang tapi masih melambung.

Roma menambah gol di menit ke-78. Umpan tendangan bebas Paredes membentur Petar Filipovic dan bergulir liar. Nainggolan berada di posisi pas untuk menyambar bola dan melesakkannya ke gawang.

Austria Wina terus berupaya menekan Roma. Tapi sejumlah upaya mereka belum terlalu membahayakan gawang lawan. Sepakan Raphael Holzhauser dan Felipe Pires tak mengarah ke sasaran.

Dzeko malah hampir menambah gol lagi untuk Roma. Menerima umpan Nainggolan di depan kotak penalti, Dzeko melewati dua pemain dan melepaskan tendangan keras yang masih berakhir melambung.

Tapi di menit ke-89, tuan rumah mendapatkan gol yang menipiskan ketertinggalan. Dari sepak pojok, bola lambung sempat membentur Lukas Rotpuller. Bola liar kemudian disepak keras-keras oleh Grunwald dan tak terjangkau Alisson.

Sebuah upaya lain dari tuan rumah dicatatkan di masa injury time. Hanya saja sepakan terukur Pires bisa diantisipasi oleh Alisson. Skor tak berubah lagi sampai laga usai.

Susunan pemain:

Austria Wina: Hadzikic; Larsen, Rotpuller, Filipovic, Martschinko; Serbest (Prokop 84), Holzhauser; Pires, Grunwald, Venuto; Kayode (Friesenbichler 71)

Roma: Alisson; RĂ¼diger, De Rossi, Juan Jesus; Peres, Paredes, Strootman, El Shaarawy (Gerson 70); Nainggolan; Dzeko, Perotti (Iturbe 84)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *