Bayern Munich sudah mengunci titel juara Bundesliga musim ini. Kemenangan 2-1 atas Ingolstadt, Sabtu kemarin membuat torehan poinnya sudah tak bisa lagi dilewati rival terdekatnya, Borussia Dortmund.

Ini merupakan trofi Bundesliga keempat secara berturut-turut yang dikoleksi Die Roten. Manajer tim, Pep Guardiola mempersembahkan gelar ini bagi sukseseornya, Jupp Heynckes.

Sebelumnya manajemen menunjuk Guardiola usai Heynckes memilih pensiun pada musim 2013-2014 lalu. Manajer berusia 70 tahun itu meninggalkan Bayern setelah mempersembahkan tiga gelar sekaligus yakni Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

“Saya ingin mendedikasikan trofi ini untuk Jupp (Heynckes). Kami sudah membuat sesuatu yang luar biasa indah,” kata Guardiola kepada BBC.

Akan tetapi titel juara ini tidak serta merta langsung “menghindarkan” mantan juru taktik Barcelona itu dari kritik banyak orang. Walau lagi-lagi menjadi raja di liga, kegagalan The Bavarians di pentas Liga Champions musim ini dianggap sebagai kegagalan tim.

Kendati begitu, Guardiola yang pada musim depan bakal menyeberang ke Premier League dengan membesut Manchester City berterima kasih untuk seluruh pihak yang sudah membantu tugasnya selama di Jerman.

“Saya mengucapkan terima kasih bagi seluruh orang, semua yang berada di Jerman. Saya bahagia berkat sejuta pengalaman manis di sini. Saya ingin membayar pujian besar bagi semua orang yang bekerja di sini, bagi fans dan dan pemain yang luar biasa,” ucap Guardiola.

“Semua orang telah membantu saya, pemain dan staf pelatih. Dan pujian besar juga bagi Borussia Dortmund, yang sudah menjadi rival terbesar kami,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *