Bermain sebagai tim debutan di grup sulit, Islandia nyatanya berhasil lolos ke 16 besar Piala Eropa 2016. Islandia mengaku memiliki dorongan besar untuk bertahan lebih lama lagi.

Islandia memastikan memastikan lolos dari penyisihan grup setelah mengalahkan Austria dengan skor 2-1 dalam pertandingan di Stade de France, Kamis (23/6/2016) dinihari WIB tadi. Memimpin terlebih dulu pada menit ke-18, skor sempat dibuat imbang lewat gol Alessandro Schopf menit ke-60.

Namun sebuah usaha habis-habisan di detik terakhir akhirnya memberikan hasil manis bagi mereka. Arnor Traustason bikin gol pada menit keempat injury time sekaligus memastikan kemenangan tim.

Kemenangan tersebut mengantarkan Islandia melaju sebagai runner up Grup F dengan angka lima, kalah selisih gol ketimbang Hongaria.

“Mungkin itu menjadi 30 menit tersulit dan paling membuat stres yang pernah saya jalani. Namun dalam 10 detik terakhir, itu semua terbayarkan,” ujar gelandang Islandia Gylfi Sigurdsson dikutip Soccerway.

“Kelolosan ini amat berarti bagi pemain, fans dan juga negara kami. Saya amat bangga dengan apa yang kami kerjakan sejauh ini.”

“Kami telah berkata satu sama lain sebelum pertandingan jika kami tak ingin pulang. Kami terlalu menikmati ini dan semoga kami bisa melaju sedikit lebih jauh,” tambahnya.

Islandia tampil sebagai debutan di kompetisi ini menemani empat tim lain Albania, Irlandia Utara, Slovakia, dan Wales. Barangkali hampir tidak ada yang menjagokan tim besutan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson ini untuk lolos, mengingat ada Portugal dan Austria yang secara kasat mata lebih kuat.

Walau demikian, negara yang berpenduduk cuma 332 ribu jiwa ini sukses mematahkan prediksi. Portugal sukses ditahan 1-1 pada pertandingan pertama, kemudian Hongaria yang hampir dikalahkan sebelum gol bunuh diri di menit-menit akhir membuat hasil akhirnya imbang 1-1.

Selanjutnya Islandia akan bentrok dengan tim unggulan Inggris di babak 16 besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *