liverpoolLiverpool pulang dari lawatannya ke kandang Bournemouth dengan kepala tertunduk. Sempat unggul dua gol, Liverpool kemudian justru takluk 3-4.

Dalam pertandingan di Vitality Stadium, Minggu (4/12/2016) malam WIB, Liverpool menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Gol-gol Liverpool di paruh pertama diciptakan oleh Sadio Mane dan Divock Origi.

Di awal babak kedua, Bournemouth menipiskan skor lewat eksekusi penalti Callum Wilson. Tapi Emre Can kemudian membawa Liverpool kembali menjauh lewat golnya di menit ke-64.

Tertinggal dua gol tak membuat Bournemouth menyerah. Tekanan yang dilancarkan tuan rumah kemudian berbuah dua gol cepat dalam tempo dua menit. Nathan Ake kemudian jadi pahlawan untuk Bournemouth lewat golnya di masa injury time.

Dengan hasil ini, Liverpool gagal merebut kembali posisi kedua yang direbut oleh Arsenal. The Reds masih tertahan di peringkat ketiga dengan 30 poin dari 14 laga. Sementara Bournemouth menempati urutan ke-10 dengan 18 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Dominasi Liverpool membuat Bournemouth tak banyak mendapat kesempatan untuk menguasai bola.

Peluang bagus didapat Liverpool di menit ke-10. Jordan Henderson dan Nathaniel Clyne bekerja sama membangun serangan Liverpool. Clyne kemudian mengirim umpan silang ke kotak penalti. Tapi Divock Origi yang tinggal menuntaskannya justru terjatuh dan peluang terlewatkan.

Terus menekan, Liverpool sempat beberapa kali mendapat tendangan sudut. Tapi tak ada yang mampu dimaksimalkan oleh tim tamu.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan di menit ke-20. Umpan lambung Emre Can jatuh ke kaki Sadio Mane yang lari ke kotak penalti. Meski sempat diadang Artur Boruc, Mane tetap mampu melepaskan sepakan kaki kanan yang mengarahkan bola ke tiang jauh.

Hanya butuh waktu dua menit bagi Liverpool untuk menggandakan keunggulan. Henderson melepaskan umpan panjang ke sisi kanan yang mengarah ke Origi. Boruc yang keluar dari sarangnya mencoba untuk menghalau bola tapi gagal. Origi kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit ke gawang yang sudah kosong.

Setelah terus ditekan Liverpool, Bournemouth baru mendapat peluang di menit ke-36. Junior Stanislas mengirim bola terobosan ke sisi kanan kepada Joshua King dan dia meneruskannya dengan umpan ke kotak penalti. Tapi bola membentur James Milner dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Sampai turun minum, keunggulan 2-0 untuk Liverpool tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Bournemouth yang menyengat lebih dulu. Ryan Fraser yang dimasukkan di menit ke-55 untuk menggantikan Stanislas yang cedera langsung memberi dampak instan. Fraser yang masuk ke kotak penalti Liverpool membuat James Milner melakukan pelanggaran terhadap dirinya. Wasit langsung menunjuk titik putih untuk memberi tuan rumah hadiah penalti.

Callum Wilson yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Dia mengecoh Loris Karius dan membawa Bournemouth menipiskan ketertinggalan.

Liverpool bereaksi delapan menit kemudian. Mane yang bergerak dari sisi kanan mengoper bola ke depan kotak penalti Bournemouth. Di sana sudah ada Can yang langsung menyambutnya dengan tendangan melengkung dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Bournemouth.

Fraser nyaris membawa Bournemouth menipiskan skor di menit ke-70. Tapi tendangannya dari depan kotak penalti masih bisa ditepis oleh Karius.

Tiga menit berselang, giliran Liverpool yang hampir menambah keunggulannya. Tendangan sudut yang dieksekusi Milnel meluncur langsung ke arah gawang. Tapi bola ditangkap oleh Boruc tepat di garis gawang.

Serangan balik cepat Bournemouth di menit ke-76 sukses menyengat Liverpool. Wilson yang melakukan tusukan dari sisi kanan kemudian mengirim umpan ke kotak penalti yang dituntaskan oleh Fraser.

Hanya berselang dua menit, Bournemouth sukses menyamakan skor. Jack Wilshere mengoper bola kepada Fraser yang ada di sisi kanan. Fraser kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola jatuh ke kaki Steve Cook yang mengontrolnya dan kemudian melepaskan tembakan ke pojok kiri bawah gawang tanpa bisa dijangkau oleh Karius.

Bournemouth nyaris berbalik unggul di menit ke-80. Benik Afobe melewati Dejan Lovren di kotak penalti dan kemudian tinggal berhadapan dengan Karius. Tapi tembakan Afobe masih diblok oleh Karius.

Di menit ke-90, Origi nyaris memberi kemenangan untuk Liverpool. Tapi tendangan volinya masih melambung tipis di atas mistar gawang Bournemouth.

Petaka justru hadir untuk Liverpool di menit ke-93. Cook melepaskan tembakan jarak jauh yang mengarah ke gawang. Tapi tangkapan Karius tidak sempurna dan bola terlepas. Ake yang ada di depan Karius langsung memaksimalkannya untuk membawa Bournemouth menang 4-3.

Susunan Pemain

Bournemouth: Boruc, A.Smith, Francis, S.Cook, Ake, Arter, Gosling (Afobe 75′), Stanislas (Fraser 55′), Wilshere, King (Ibe 46′), C.Wilson

Liverpool: Karius, Clyne, Lucas, Lovren, Milner, Can, Henderson, Wijnaldum, Mane (Lallana 69′), Origi, Firmino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *