Konfederasi sepak bola Eropa atau UEFA telah menunjuk Mark Clattenburg wasit yang layak memimpin pertandingan final Liga Champions antara Real Madrid dan Atletico Madrid pada Sabtu, (28/5/2016) di San Siro, Milan.

Wasit berkebangsaan Inggris itu dipilih UEFA pada Selasa (10/5/2016) waktu setempat.

“Laga final untuk Liga Champions bakal dipimpin wasit 41 tahun asal Inggris. Dia sudah menjalani banyak laga di Eropa sejak 2007,” demikian bunyi pernyataan di situs UEFA.

Di pentas Liga Champions musim ini, Clattenburg sudah memimpin enam laga, salah satunya laga empat besar leg pertama ketika Atletico bersua Bayern Munich di Vicende Calderon. Clattenburg sempat memimpin dua partai Liga Europa.

UEFA pun memilih dua asisten wasit dari Inggris, Simon Beck dan Jake Collin serta offisial ke-4, Viktor Kassai dari Hungaria. Sementara wasit cadangan, adaAnthony Taylor dan Andre Marriner–yang juga berasal dari Inggris. Lantas asisten wasit cadangan adalah Stuart Burt.

Terakhir, wasit internasional Swedia, Jonas Eriksson mendapat surat tugas untuk pertandingan final Liga Europa yang mempertemukan antara Liverpool dan Sevilla di Saint Jakob Park, Basel, Swiss, 18 Mei 2016.

Sebagai catatan, Clattenburg sendiri kerap mengundang kontroversi di Inggris. Salah satu yang paling disorot ialah kejadian pada 2009 silam. Clattenburg dilarang memimpin seluruh partai Inggris oleh Asosiasi pemain dan offisial pertandingan. Pencekalan itu disebabkan andanya dugaan Clattenburg mengirimkan pesan ancaman kepada kolega bisnisnya.

Clattenburg yan juga punya bisnis peralatan elektronik ketika itu diklaim memiliki hutang senilai 175 ribu poundsterling. Saat itu dia harus menjalani sanksi selama 9 bulan.

Dirinya pun sempat jadi bahan perbincangan kala memimpin laga antara Manchester City kontra Tottenham Hotspur, Februari lalu. Pada laga itu, City sebagai tuan rumah disebut telah dirugikan dengan kekalahan 1-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *