Pertarungan leg pertama semifinal Liga Champion serta Liga Europa telah selesai dihelat. menilik hasil di putaran pertama, all-Spanish final atau final sesama tim Spanyol bisa saja terealisasi di dua turnamen Eropa itu.

Kesempatan melihat laga itu terbuka lebar. Tim-tim Spanyol meraih hasil lumayan yang bisa menjadi modal di leg kedua nanti. Liga Champions berpotensi menghadirkan Derby Madrid atau final ulangan dua musim lalu.

Madrid bermain imbang tanpa gol kontra Manchester City di Etihad Stadium. Peluang mereka untuk lolos terbuka sangat lebar mengingat leg kedua akan dimainkan di Santiago Bernabeu. Sedangkan Los Colchoneros membua kans ke final setelah mempermalukan Bayern Munichh 1-0 di Vicente Calderon.

Dari Liga Europa, sangat mungkin duel final terjadi antara Sevilla menghadapi Villarreal. Dua tim ini mengantongi modal positif untuk leg berikutnya.

Sevilla menabung dua gol tandang dengan menahan Shakhtar Donetsk seri 2-2 di L’viv Arena. Di lain pihak, Villarreal bisa menundukkan Liverpool 1-0.

Bagaimana peluang itu terjadi. Persentase untuk terjadi all-Spanish final di Liga Europa dan Liga Champions musim ini adalah 23 persen.

Sebelum ini all-Spanish final pernah dua kali tercipta di Liga Champions ataupun Liga Europa. Meski belum pernah terwujud di musim yang sama. Jika ini terjadi, maka dipastikan tercipta sejarah baru.

All-Spanish Final di Liga Champions

1999/00: Real Madrid 3-0 Valencia (Stade de France, Saint-Denis)
2013/14: Real Madrid 4-1 Atletico Madrid (Estádio da Luz, Lisbon)

All-Spanish Final di Liga Europa
2006/07: Sevilla 2-2 (3-1p) Espanyol (Hampden Park, Glasgow)
2011/12: Atletico Madrid 3-0 Athletic Bilbao( Arena Na?ionala, Bucharest)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *